Monday, April 12, 2010

Tes Tiphone E88: Ada TV dan WiFi nya

E88 merupakan seri enterprise pertama Tiphone Mobile, yang memadukan kebutuhan bisnis, sosialisasi dan hiburan. Beragam inovasi ikut dijejalkan ke ponsel QWERTY Dual On Rp 1 juta ini.Sebagai salah satu merk lokal, karakter khas yang hanya terkesan bongkar-pasang fitur serta mengekor merk yang lebih dulu ngetop, tetap saja terpancar jelas. Namun, strategi pemasaran yang cukup jitu dengan menggandeng operator serta menawarkan bonus menarik, terlihat jadi senjata ampuh menarik konsumen.

Disain & Interface Masih tetap menggunakan standar ponsel online masa kini, Tiphone E88 menyuguhkan bentuk kompak dan sedikit lebar. Ini terlihat dari posisi peletakan keypad QWERTY dan layar TFT 262.144 warna 2,2 incinya.
Keyboard QWERTY tersusun rapih, dengan permukaan sedikit menyembul. Tiap baris tuts dibatasi sekat logam, hingga akses tombolnya lebih tepat sasaran. Guna memudahkan pemilihan kartu SIM saat bertelepon, disediakan dua tombol akses berbeda. Ada pula tombol shortcut untuk mengaktifkan fitur TV tunner.
Serupa beberapa seniornya, layar utama E88 dilengkapi shortcut khusus ke menu favorit. Strukturnya memakai model grid, yang dilengkapi beberapa pengaturan tambahan semisal modus perpindahan halaman, yang bisa diakses lewat trackball.
Untuk panel tambahan yaitu tombol volume, port jack audio 3.5mm, port charger/kabel data dan shutter kamera diletakan di satu jalur di sisi kanan bodi.
MultimediaPonsel ini membawa dua kamera 2 MP (depan dan belakang). Selain untuk foto, kamera ini bisa dimanfaatkan sebagai kamera video chat lewat aplikasi IMI chat. Untuk kualitas foto, gambar yang dihasilkan rata-rata ponsel Cina, tak terlalu baik. Memang ada lampu LED untuk mendukung akses kamera di tempat minim cahaya, tapi hasilnya tetap tak memuaskan. Untuk video, kamera ponsel ini bisa merekam film berformat MPEG4 atau H.263, dengan durasi tak terbatas.
Sektor hiburan yang bisa dinikmati dengan baik adalah audio player. Interfacenya standar, termasuk kemampuan shuffle dan pengaturan playlist. Uniknya, selain bisa dimainkan secara ‘background play’, metode kontrol track lagunya pun bisa memanfaatkan kemampuan shake control. Soal kualitas keluaran suara, loudspeaker yang ditanamkan sanggup menghasilkan output yang kencang. Agak sedikit nendang dengan penambahan pengaturan equalizer, 3D surround dan Bass enhancement.
Untuk radio FM, nilai plusnya berada pada kemampuan merekam siaran radio. Juga, pengaturan untuk menghidupkan secara otomatis layaknya alarm (schedule FM record).
Namun, fasilitas hiburan yang paling diunggulkan di TiPhone E88 adalah TV tunner. Chipset yang digunakan serupa ponsel tv mobile kebanyakan, yakni Telegent System. Soal performa penangkapan sinyal TV tercatat rata-rata. TiPhone E88 pun menyuguhkan fasilitas untuk merekam siaran tv, dengan hasil rekam yang bisa diputar sewaktu-watu.
Untuk mendukung kemampuan seluruh fasilitas multimedia, Tiphone E88 didukung dengan slot kartu memori tambahan. Dalam paket penjualannya tersedia microSD gratis berkapasita 2GB.
KonektivitasGuna keperluan browsing, chatting serta mengakses layanan online, Tiphone E88 mengandalkan jalur GPRS/EDGE. Browsernya WAP standar dan Opera Mini. Namun, kita bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi untuk menikmati akses internet gratis via hotspot yang tersedia. Tak kalah dengan pesaingnya HT Mobile G33, yang memiliki fitur serupa.
Media transfer file menggunakan Bluetooth atau kabel data. Kedua sarana ini sudah dilengkapi profile lengkap. Bluetooth misalnya, sudah mendukung A2DP, AVRCP (Audio/Video remote control profile) serta SyncML service. Bila memakai kabel data, akses Mass storage bisa dimanfaatkan. Termasuk pula webcam PC dan PictBridge. Bisa pula untuk menjadikannya sebagai modem internet PC.
Aplikasi & Instalasi
Banyak hal yang disediakan Tiphone E88. Selain layanan online semisal Facebook, Twitter, Friendster, MyPulau, JuzFrens serta layanan chatting standar (eBuddy, Yahoo, MSN), ponsel online ini juga menyediakan aplikasi Push Email yakni Ring Email.
Dalam paket penjualan, kita akan mendapatkan kode khusus yang nantinya jadi akun (identitas) untuk menikmati layanan berbayar ini. Kita bisa mendaftarkan sekitar 10 akun Email, yang akan tersimpan di server Ring Email di Singapura.
Kapasitas email yang bisa di-push sudah melalui proses kompresi, yang diterima sekitar 2kb per halaman. Kemampuan mengirim dan membuka attachment file dokumen pun didukung aplikasi Ring Email ini.
Di jajaran ponsel QWERTY besutan Tiphone mobile, tipe E88 ini menjadi jadi seri mid-end pertama yang menawarkan fasilitas sinkronisasi data ponsel (phonebook, calendar dan Task) ke outlook PC atau Lotus. 
TiPhone E88 juga aplikasi IMI Chat, untuk chatting interaktif lewat kemampuan streaming video (video chat). Untuk keperluan ini, kita bisa memanfaatkan dual kameranya.
Bagi sesama pemilik Tiphone, vendor lokal ini juga menambahkan aplikasi chatting khusus yakni Ti-Messenger. TiPhone E88 didukung pula oleh Java MIDP, yang merupakan bawaan platform MTK 6235 yang ditanamkan kedalamnya.
Fitur lain yang tak kalah menarik di TiPhone E88 ini yakni background sound dan call/sound recording. Dua fitur ini terkait dengan proses komunikasi. Lewat background sound kita bisa mengubah suara latar saat telepon. Sementara, dengan call/sound record kita bisa merekam percakapan telepon.
HardwareTiphone E88 menyediakan dua slot kartu SIM, yang keduanya bisa aktif bersamaan (Dual On). Sayangnya, karena hasil bundling, maka slot SIM 1 (utama) di kunci oleh operator. Meski begitu, SIM 2-nya dibiarkan bebas.
Ponsel QWERTY ini mengadopsi baterai lithium ion 850 mAh. Padatnya fitur, membuat daya tahan baterai ini terasa lemah dan hanya bisa bertahan sekitar 1,5 hari. Beruntung, dalam paket penjualan disediakan baterai cadangan.
KesimpulanBanyak hal baru disajikan Tiphone E88, mulai kemampuan sinkronisasi data ponsel ke PC, dukungan WiFi yang memiliki performa yang baik hingga layanan push mail tangguh via aplikasi RingEmail. Soal layanan online, ponsel QWERTY Dual On ini pun menghadirkan banyak pilihan. Begitu pula dengan sisi hiburannya.
Namun, terbatasnya platform software yang digunakan dalam menyuguhkan performa fitur yang baik, serta sistem bundling yang mengharuskan konsumen ‘manut’ pada kebijakan operator terkait, jadi kendala yang sulit untuk dirubah.
 *( + ) Kelebihan: Dual On GSM, Dual Camera 2 MP (depan-belakang), Video chat, TV Tunner, TV recording, WiFi, PushMail
  ( - )  Kekurangan: SIM 1 dilock, Aplikasi online hanya link shortcut    

Harga: Rp 999.000,-
Paket Penjualan : Ponsel Tiphone E88, 2 Baterai, Charger+kabel data, handsfree, microSD 2GB, CD PC Suite, User manual
Spesifikasi:Quadband GSM & Dual On GSM ; 10.3 x 5.7 x 1.18 cm ; Layar TFT 262.144 warna QVGA (320x240 piksel), 2,2 inchi; sms, mms, email; slot microSD card; Browser; Java; Dual camera 2 mp; TV tunner, Wi-Fi, Ring Email, Music player, Video player, radio FM, Facebook, E-book reader, Chatbox, eBuddy, MyPulau, MobileOffice, Snaptu, Twitter, Yamee, Yahoo!, MSN, Phone Sync, IMI Chat, TV record, Schedule FM record, Shake control, Electric Torch, Java, Trackball, Bluetooth; baterai: Li-Ion 850 mAh