Friday, December 10, 2010

Android 2.1 untuk Xperia X8 Sambangi Indonesia


Sukses meluncurkan Xperia X8 dengan basis sistem operasi Android 1.6 (Donut) , kini Sony Ericsson mengakomodasi keinginan para penikmat ponsel tersebut dengan menyediakan akses upgrade sistem operasinya menjadi Android 2.1 (Éclair).
Lewat upgrade sistem tersebut, Xperia X8 bakal memperoleh beberapa perbaikan performa dan pembaharuan berbagai aplikasi. Di antaranya yakni perbaikan fungsionalitas Bluetooth, dukungan aplikasi back up dan restore yang lebih diperbaharui, automatic sycronize dari contact picture, dan web browser yang lebih handal. Ini dia pembaharuan fitur tersebut:

1. Bluetooth
Pada Xperia X8 berbasis Donut, tidak diberikan pilihan tambahan untuk akses piranti koneksi ini. Misalnya saat pengguna menerima file foto, dimana saat file tersebut diterima tidak ada ‘option’. Kini di Xperia X8 Eclair sudah ada ‘option’.
2. Back up and Restore
Aplikasi ini sejatinya sudah ada di X8 awal, hanya saja tidak selengkap pada X8 Eclair. Untuk X8 dengan Android v2.1 data yang diunduh penggunanya dari Android Market.
3. Social Phonebook
Aplikasi ini berguna untuk penyelarasan kontak pengguna dari Facebook dan daftar kontak ponsel. Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi dari teman Facebook bila si dia sedang online. Akan tertampil tanda kecil pada list phonebook. Termasuk notifikasi kala teman Facebook mengganti gambar profil.
4. Penambahan pada menu pesan teks (text message)
Bila sudah upgrade Éclair maka pada menu pesan Xperia X8 bakal dijumpai menu baru seperti tambah gambar, ambil foto, tambah video, rekam video, dan tambah suara.
5. Browser Web
Bila dibandingkan dengan saat masih Donut, browser web Xperia X8 Éclair diklaim lebih cepat dan stabil.

Nah, bicara sebagai salah satu vendor smartphone besar, Sony Ericsson tampaknya ingin segera tancap gas menyalip para pesaingnya, untuk kemudian menduduki peringkat pertama penjualan ponsel berbasis Android. Menurut Henny Sanjaya ( Product Group Marketing Manager), di sela-sela acara Soft Launch Upgrade Android 1.6 Menjadi Android 2.1, di Jakarta kamis kemarin (9/12/2010), ke depannya Sony Ericsson akan lebih konsisten dengan OS Android dengan tidak menutup kemungkinan akan melakukan ekspansi upgrade ke Froyo (Android 2.2) dan GingerBread (Android v2.3).

Namun, saat ditanya apakah nantinya Sony Ericsson bakal ikut mengadopsi sistem operasi terbaru garapan Microsoft Windows Phone 7 di ponsel cerdasnya, pihak Sony Ericsson enggan untuk menjabarkannya lebih lanjut. Sebagai informasi, beberapa waktu lalu sempat beredar rumor di alam maya bahwasanya akan muncul ponsel Sony Ericsson yang mengusung sistem operasi Windows Phone7, dengan label X7 dan X7 mini.

Kembali pada Sony Ericsson Xperia X8, yang mana untuk versi Android 2.1 akan segera rilis resmi pada minggu ke-3 Desember 2010. Sementara, bagi pengguna Xperia X8 yang menginginkan upgrade sendiri, pihak Sony Ericsson telah menyediakan 22 titik lokasi untuk akses upgrade sistem operasi ini, di berbagai daerah di Indonesia. Untuk titik di Jakarta, salah satunya yakni ITC Roxy Mas.

Melalui upgrade Android v2.1 ini, pihak Sony Ericsson mengharapkan bisa meraih pasar lebih luas di Indonesia, terutama pengguna smartphone di kelas menengah ke bawah.