Thursday, June 3, 2010

Bersihkan Trackball Pakai Alkohol


Beragam navigasi yang telah disematkan pada HP. Bila dahulu hanya tersedia keypad dengan tombol empat arah, kini navigasi sudah tersedia mulai dari d-pad, trackpad hingga trackball. Trackball merupakan navigasi yang lazim terdapat HP Blackberry.

Trackball mengambil cara kerja mirip mouse pada komputer/PC. Jadi wajar bila masalah yang terjadi pada mouse akan terjadi juga pada trackball. Trackball rentan dengan debu dan kotoran lainnya yang membuatnya menjadi kurang lancar ketika digunakan. Seperti yang terjadi pada Blackberry 8310 Curve ini.

Meskipun trackball pengganti kini banyak tersedia di pasaran, jangan berpikir bahwa trackball tersebut harus diganti. Apalagi kualitas trackball di pasaran rata-rata kurang bagus.

Dengan menggunakan obeng minus dan cairan pembersih seperti alkohol, Anda dapat membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada trackball tersebut. Berikut ini langkah per langkah pengerjaannya.

1. Congkel bagian lingkaran yang mengelilingi trackball dengan obeng minus. Sebetulnya bisa juga dicongkel dengan kuku karena memang tak terlalu sulit membukanya. Hasil nya seperti terlihat pada gambar.


2. Letakkan HP pada tapak tangan dalam posisi terbalik (tampak belakang). Tidak sesulit yang Anda bayangkan, bagian dalam trackball dilepaskan dengan menepuk HP pada tapak tangan.

  


3. Begitu kecil bentuknya. Coba diperhatikan bagian dalam trackball yang terdiri dari ball, roller dan penampangnya. Penahan ball dan roller terbuat dari logam seperti seng yang tipis.


 
4. Ungkit salah satu kaki penampang dengan obeng minus setelah itu kaki lainnya. Tarik napas sebentar sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.


5. Inilah bagian-bagian trackball yang telah terlepas. Bagian-bagian ‘roller’ tersebut dibersihkan dengan alkohol atau cairan pembersih lainnya dengan menggunakan ‘cutton bud’. Sedangkan ball dapat dibersihkan menggunakan alkohol dengan bantuan kain kasa. Karena bentuknya yang sangat kecil, tolak ukur bersih atau tidaknya terlihat dari warna kehitam-hitaman atau keabu-abuan yang menempel.

 


6. Bila sudah bersih letakkan kembali bagian-bagian tersebut pada tempatnya. Pertama, letakkan ball baru kemudian keempat roller. Setelah itu barulah logam pengait. Bila Anda kesulitan, gunakan kaca pembesar untuk melihat dengan lebih jelas. (lihat gambar)

 

7. Kembalikan trackball pada dudukannya dengan pas. Semua pengerjaan dilakukan dengan ketelitian posisi.

   


8. Langkah terakhir adalah meletakkan penahan trackball. Perhatikan dengan jelas bahwa penahan tersebut memiliki 3 pasang kaki. Kaki tengah diletakkan pada posisi bawah. Jadi bagian yang tidak memiliki kaki berada di posisi atas. Setelah posisi tepat, Anda cukup mendorongnya sedikit dan perlahan.


Sebenarnya semua langkah tidak sesulit yang Anda bayangkan. Hanya ukuran yang kecil saja yang bisa menjadi masalah. Kini trackball Blakcberry Anda dapat digunakan dengan mudah.


Selamat mencoba (*)