Thursday, June 3, 2010

Samsung B3310: Slider Qwerty, Casing Sexy

Selasa, 20 April 2010 23:39

Siapa bilang ponsel QWERTY branded banderolnya mahal? Buktinya, Samsung B3310 hanya dilego tak jauh dari angka Rp 1 juta. Tampilan fisik ponsel Samsung ini pun menawan, dengan keypad Qwerty slider samping plus casing warna-warni,  yang terlihat sexy.

Bila dilihat dari konstruksi disainnya, peruntukan Samsung B3310 ini cukup jelas, yakni kawula muda. Apalagi di ponsel ini dihuni bermacam aplikasi untuk mendukung layanan jejaring sosial dan chatting, yang lagi digemari saat ini.
Disain & Interface
Jenis konstruksi QWERTY-nya yakni geser ke samping alias side slide serupa Samsung B3410 ataupun LG GW525. Keypad penuhnya cukup unik, dimana bagian tombol alfanumerik berbaris terpisah di sisi layar.
Pada posisi tertutup, penggunaan tombol alfanumerik sedikit menuai masalah. Pasalnya, akses penulisan pesan menjadi kurang nyaman. Untuk keperluan messaging maupun online, posisi ideal yakni memanfaatkan keyboard qwerty dalam orientasi tampilan layar mendatar (landscape). Kontur keypad yang berbahan karet-plastik tercatat cukup empuk dan yaman ditekan.
Untuk layar, Samsung B3310 menyematkan LCD matrik aktif 262.144 warna, dengan resolusi 320x240 piksel (QVGA). Diagonal layarnya sekitar 2,0 inci, hingga terasa sedikit sempit untuk ukuran ponsel ‘online’.
Sektor menu tak jauh beda dengan beberapa model sebelumnya seperti Samsung CorbyTXT dan B3410. Ikon menunya standar, dengan tiga pilihan tema yang bisa terkesan tak monoton. Soal personalisasi, Samsung B3310 menyediakan pengaturan menu shortcut toolbar, efek transisi saat membuka menu dan pengaturan fontasi kala men-dial telpon.
MultimediaMeski tergolong kelas mid-end, Samsung B3310 tetap menyediakan sarana multimedia cukup memadai. Kameranya 2 MP, walaupun tak dilengkapi lampu kilat maupun sistem autofokus. Hasil fotonya relatif bagus, cukup natural.
Kamera B3310 ini bisa pula diberdayakan untuk merekam video. Ada dua resolusi gambar yang didukungnya yakni 320x240 piksel dan 176x144 piksel. Format rekamnya MP4. Untuk kualitas video hampir sejalan dengan tampilan hasil foto, cukup oke.
Tiba di bagian pemutar musik. Sisi interface media ini tak jauh beda dengan tipe Samsung terkini. Kemampuan pengorganisasian filenya cukup baik dan teratur. Menu playlist dan pengelompokan berdasarkan artis, genre dan album juga tersedia.
Keluaran lagu lewat loudspeaker Samsung B3310 terdengar rata-rata. Tidak terlalu lantang dan juga tidak terlalu lirih. Agar kualitas output audio ini lebih optimal, player musik B3310 menyediakan beberapa pilihan efek suara. Pastinya, dendangan lagu bisa maksimal dinikmati via headset stereo.
Selain music, Samsung B3310 pun menyediakan fitur radio FM sebagai alternative media hiburan.  Radio di sini sudah mendukung teknologi RDS (Radio Data System).
Ada aplikasi menarik di fitur multimedia Samsung mini slider ini, yakni  fitur pencarian informasi lagu secara online (Find Music recognition), dengan prinsip kerja serupa fitur TrackID ponsel Sony Ericsson. Cara kerjanya mudah, yakni rekam penggalan lagu dan ponsel pun akan mulai terkoneksi dengan data base di internet.
Konektivitas
Samsung B3310 mendukung bearer data GPRS dan EDGE untuk akses jelajah alam  maya. Kemampuan browser dalam mengakses internet, termasuk akses ke portal jejaring social dirasa tanpa masalah. Kecepatan aksesnya cukup kencang, walau tak secepat via jalur 3G.
Guna akses berkirim file dengan media lain, Samsung B3310 pun menyajikan Bluetooth dan kabel data microUSB. Performa kedua sarana ini bisa dianadalkan. Si Gigi Biru B3310 mendukung profil lengkap, seperti bisa untuk headset/handsfree, profil A2DP, file transfer dan printing. Koneksi via kabel data bisa dimanfaatkan pula sebagai jembatan fitur mass storage untuk ponsel.
Aplikasi dan Instalasi
Selain didukung layanan social networking yang komplit, Samsung GT-B3310 juga menyediakan fasilitas ngobrol interaktif secara virtual yakni chatting. Aplikasi yang disediakan adalah ‘minifring’. Namun, lewat platform Java MIDP yang didukungyna, pengguna bisa menambahkan aplikasi chatting lain semisal eBuddy maupun Yamee.
Fitur lain yang juga ditawarkan Samsung B3310 adalah Bluetooth messenger. Dengan fitur ini, kita bisa mengirimkan pesan secara gratis via koneksi Bluetooth.
Fitur email client juga disediakan B3310 sebagai sarana messaging tambahan. Ada 5 slot akun yang bisa didaftarkan. Untuk memudahkan pengaturan, B3310 menyediakan pengaturan Wizard dengan pilihan Google mail, Hotmail dan akun lain sebagai profil.
Selain itu, Samsung B3310 menawarkan pula paket sistem pengamanan data dan ponsel. Ada Privacy lock, yang bisa memproteksi pesan (message), file, call log, phonebook, kalender, memo dan tugas (task) menggunakan kata kunci (password) khusus. Dan, Mobile tracker untuk menginformasikan nomor ponsel ‘pencuri’ jika ponsel disisipi kartu SIM baru yang tak terdaftar.
Hardware
Untuk mendukung kemampuan multimedia lengkap, Samsung B3310 sudah menyiapkan ruang penyimpanan file cukup lapang. Ada memori internal 40 MB dan slot kartu microSD. Hanya saja, untuk jenis kartu memori ini pengguna harus membelinya terpisah, karena tak disertakan dalam paket penjualan.
Dalam penyediaan sumber daya, Samsung slider sexy ini mengandalkan baterai Li-Ion 800 mAh. Karena besarnya beban daya akibat banyaknya fitur, baterai B331o hanya bisa bertahan kurang dari 2 hari .
*** 
(+) Disain sexy, aplikasi online lengkap, bisa upload foto langsung ke facebook, keypad QWERTY, multimedia lengkap.
(-) Jalur data belum 3G, kamera tanpa flash dan autofokus, layanan online belum maksimal